Home » Tersedia 4.338 Formasi CPNS dan PPPK di Kabupaten Cirebon

Tersedia 4.338 Formasi CPNS dan PPPK di Kabupaten Cirebon

by admin
CPNS Cirebon

SuaraKampus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon mendapatkan kuota kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun 2021 sebanyak 4.338. Jumlah itu untuk formasi CPNS dan PPPK di Kabupaten Cirebon.

Hal itu tercantum dalan Keputusan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Nomor 505 tahun 2021 tentang penetapan kebutuhan pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon ditetapkan 21 April 2021.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Cirebon, Drs. H. Imron MAg saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (17/5/2021) sore.

Dikatakannya, dari jumlah total kebutuhan ASN sebanyak 4.338 terdiri dari tenaga guru sebanyak 4.157 untuk status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Lalu tenaga kesehatan sebanyak 123 terdiri dari 33 CPNS dan 90 PPPK serta bagi CPNS tenaga teknis sebanyak 58 orang.

“Jumlah kuota CPNS sebanyak itu langsung dari Kemenpan,” kata Imron seperti dilansir Ciayumajakuning.ID.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian, Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Iis Krisnandar menuturkan untuk posisi CPNS bagi tenaga teknis diantaranya di Dinas Ketenagakerjaan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Perhubungan, Dinas Kearsipan, dan Dinas Pengendalian Penduduk.

“Jadwal pengumuman seleksi pada 30 Mei – 14 Juni, Pendaftaran seleksi 31 Mei – 21 Juni, Seleksi hasil administrasi pengumuman hasilnya 1 Juni – 30 Juni, Masa sanggah 1 Juli – 11, Pelaksanaan SKD CPNS Juli – September,” ungkap dia.

Lanjut dia, seleksi kompetensi PPPK Guru menggunakan Computer Basic Test (CBT) dari Kemendikbud yang akan diselenggarakan untuk tes pertama pada bulan Agustus, tes kedua Oktober dan tes ketiga pada bulan Desember.

Sedangkan untuk pelaksanaan SKB akan diselenggarakan pada bulan September – Oktober. Lalu pengumuman akhir dan masa sanggah pada bulan November dan Penetapan NIP CPNS / Non Induk PPPK pada bulan Desember.

“Dibandingkan daerah lainnnya, untuk raihan kuota PPPK dan CPNS alhamdulillah Pemkab Cirebon terbanyak di wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan),” kata dia.

Dijelaskannya, sesuai dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) jumlah guru honorer di Kabupaten Cirebon kurang lebih sebanyak 7 ribu dan pada pelaksanaan seleksi PPPK tahun ini pihaknya mendapatkan kuota sebanyak 4.157.

“Semakin lama usia dan masa bakti dan sudah memiliki sertifikasi guru dan sudah terdaftar di dapodik yang berstatus honorer akan lebih diperhatikan dalam penerimaan PPPK tahun ini,” ujar dia.

Baca juga

Leave a Comment