Home » Calon Mahasiswa Baru Unpas Bisa Daftar dengan KIP Kuliah

Calon Mahasiswa Baru Unpas Bisa Daftar dengan KIP Kuliah

by admin
Mahasiswa Baru Unpas Bandung

SuaraKampus – Hadirnya program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) disambut baik oleh siswa di seluruh Indonesia. Sejak tahun lalu, KIP Kuliah resmi menggantikan Bidikmisi sebagai bantuan bagi calon mahasiswa baru dengan keterbatasan ekonomi, tetapi berprestasi di bidang akademik maupun non akademik.

Berdasarkan informasi di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id, kuota penerima KIP Kuliah 2021 mencapai 200 ribu mahasiswa. Manfaat yang ditawarkan meliputi bantuan biaya pendidikan sesuai akreditasi program studi dan biaya hidup menurut indeks harga daerah.

Sebelum adanya KIP Kuliah, Universitas Pasundan sudah menerima mahasiswa Bidikmisi sejak Tahun Akademik 2012/2013. Hal ini sebagai bentuk Campus Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial kampus.

“Unpas merupakan bagian dari masyarakat yang membantu terselenggaranya pendidikan tinggi nasional melalui kontribusi warga. Sebelum perguruan tinggi lain menerima program Bidikmisi, Unpas sudah lebih dulu,” jelas Wakil Rektor I Prof. Dr. H. Jaja Suteja, SE., M.Si., Senin (14/6/2021).

Unpas merupakan salah satu PTS yang menerima penghargaan dan apresiasi dari pemerintah atas keberhasilannya dalam tata kelola administrasi serta pembinaan program Bidikmisi. Oleh karena itu, Unpas cukup profesional dalam penyelenggaraan Bidikmisi yang kini beralih ke KIP Kuliah.

Jangka waktu pemberian KIP-Kuliah disesuaikan dengan masa studi seharusnya, program sarjana maksimal 4 tahun dan diploma 3 tahun. Jika melebihi tenggat waktu, maka biaya selanjutnya dibebankan kepada pribadi.

“Bantuan ini bisa dibilang extra ordinary ya, diberikan secara penuh dan berlaku sampai lulus apabila penerimanya tidak melanggar ketentuan yang ditetapkan. Misalnya, indeks prestasinya terus naik, dan sebagainya,” imbuhnya.

Sebelum melakukan pendaftaran di Unpas menggunakan KIP Kuliah, calon mahasiswa baru wajib mendaftar secara mandiri, mengisi data dan mengunggah dokumen, hingga mencetak kartu peserta di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

“Apabila calon mahasiswa baru sudah melakukan pendaftaran di web tersebut, selanjutnya silakan mendaftar di Unpas melalui jalur masuk yang tersedia. Nanti akan ada tes tulis, wawancara, dan verifikasi data,” tutupnya.

Baca juga

Leave a Comment