Home » Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WhatsApp dan SMS

Cara Menanyakan Lowongan Kerja Lewat WhatsApp dan SMS

by admin
whatsapp

SuaraKampus – Meskipun kini orang telah banyak mencari kerja melalui jejaring media sosial atau internat. Nyatanya, pencari kerja tetap masih bingung bagaimana cara menanyakan lowongan kerja lewat WhatsApp dan SMS.

Orang-orang sebelumnya mencari pekerjaan melalui informasi lowongan kerja di koran atau datang langsung ke kantor pos. Namun, dengan adanya internet dan perangkat smartphone yang dimiliki, mencari informasi lowongan kerja menjadi lebih efektif dan efisien.

Para pencari kerja dapat menanyakan lowongan kerja melalui portal website, media sosial, maupun aplikasi online chat. Namun, sebelum menanyakan perihal lowongan pekerjaan kepada HRD suatu perusahaan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Beberapa hal tersebut seperti foto profil, penggunaan bahasa, dan waktu pengiriman pesan. Setelah mengetahui ketentuan yang perlu diterapkan, Anda pun sudah bisa mengirimkan pesan chat kepada HRD atau Tim Rekrutmen suatu perusahaan.

Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menanyakan lowongan kerja lewat WhatsApp dan SMS.

1. Memperkirakan waktu mengirim pesan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan saat akan menanyakan lowongan kerja lewat WhatsApp atau SMS adalah waktu mengirim pesan. Usahakan untuk mengirimkan chat atau pesan pada saat jam kerja. Jika Anda mengirimnya pada malam hari maka pesan tersebut akan berpotensi tertumpuk oleh pesan lain dan mungkin tidak akan terbaca oleh HRD.

2. Mengucapkan salam pembuka

Mengucapkan salam pembuka merupakan pembukaan yang tepat untuk menanyakan lowongan kerja. Adapun salam pembuka yang bisa digunakan seperti, selamat pagi/selamat siang/selamat sore Pak/Bu. Tentunya, salam pembuka tersebut perlu disesuaikan pada waktu pengiriman pesan chat.

3. Memperkenalkan diri

Setelah mengucapkan salam pembuka, Anda perlu memperkenalkan diri dan identitas singkat, seperti usia dan latar belakang pendidikan. Hal ini perlu dicantumkan agar pihak HRD mengetahui siapa Anda sebagai pengirim pesan atau chat.

4. Menjelaskan keperluan

Setelah memperkenalkan diri, Anda selanjutnya perlu menjelaskan keperluan Anda, yakni untuk menanyakan lowongan pekerjaan. Tanyakan lowongan pekerjaan yang ingin Anda lamar secara detail, termasuk detail divisi atau bidang.

Jangan lupa untuk memberitahu kepada HRD dari mana Anda mendapatkan informasi perihal lowongan pekerjaan yang ada di perusahaan tersebut.

5. Mengucapkan salam penutup

Bagian terakhir dari chat atau pesan Anda adalah salam penutup. Ucapkan terima kasih atas waktu yang sudah diberikan oleh HRD yang sudah bersedia membaca pesan Anda. Tidak perlu menggunakan bahasa yang bertele-tele sehingga maksud dan tujuan pesan dapat tersampaikan dengan baik.***

Baca juga

Leave a Comment