Home » Petunjuk Perubahan Garis Pantai Di Pesisir Teluk Lada, Banten

Petunjuk Perubahan Garis Pantai Di Pesisir Teluk Lada, Banten

by admin
Teluk lada banten

SuaraKampus – Pengamatan tentang kondisi perairan dan pesisir Teluk Lada, Banten telah dilakukan pada bulan Juni, Agustus dan Nopember tahun 2004. Parameter geologi yang diamati mencakup sedimen dasar, kandungan suspensi perairan dan kondisi lingkungan pantai.

Pengamatan lapangan meliputi pengambilan sampel suspensi, sedimen dasar serta pengamatan lingkungan di sepanjang pantai. Pengolahan sampel di laboratoriun menggunakan metode gravimetri.  Hasil pengamatan menunjukkan kaitan yang erat antara karakteristik sebaran sedimen dasar dan kandungan suspensi perairan dengan kondisi garis pantai.

Sebaran sedimen dasar memperlihatkan kecenderungan tingginya sebaran fraksi kasar di lepas pantai sekitar muara sungai-sungai yang terletak di sebelah Tenggara Tanjung Lesung. Keadaan ini menunjukkan adanya proses abrasi aktif di sepanjang pesisir timur Tanjung Lesung hingga sekitar Ciseukeut.  

Faktor lingkungan yang sangat berpengaruh terhadap kondisi geologis sepanjang pesisir Teluk Lada adalah dinamika air.

Karya Ricky Rositasari dengan judul “Sebaran Suspensi dan Sedimen Dasar Perairan Sebagai Petunjuk Perubahan Garis Pantai Di Pesisir Teluk Lada, Banten,”  tealh terbit di Jurnal ILMU KELAUTAN: Indonesian Journal of Marine Sciences, vol. 12, no. 3, pp. 146-156, Maret 2012.

Simak karya selengkapnya di e-Joaurnal Undip

Kata kunci : padatan tersuspensi, sediment dasar, distribusi, garis pantai

Baca juga

Leave a Comment