Home » Ulfah Mawaddah, Duta Baca Jawa Barat dari Unpas

Ulfah Mawaddah, Duta Baca Jawa Barat dari Unpas

by admin
Ulfah Mawaddah, Duta Baca Jawa Barat

SuaraKampus – Bertekad untuk menginspirasi dan meningkatkan minat baca masyarakat Jawa Barat, merupakan harapan yang ingin diwujudkan Ulfah Mawaddah, mahasiswi jurusan Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Pasundan yang terpilih sebagai Juara Harapan II Duta Baca Jawa Barat 2021.

Mahasiswi yang sudah hobi membaca sejak masih berusia 4 tahun ini termotivasi mengikuti ajang Duta Baca Jabar 2021 untuk menggelorakan semangat literasi dan menebarkan hal-hal positif kepada masyarakat, khususnya di Jawa Barat.

“Motivasi saya selain untuk mencari pengalaman dan menambah relasi, setidaknya ketika sosialisasi melalui platform Duta Baca Jabar, saya dapat memberikan hal-hal positif, di antaranya meningkatkan literasi atau minat baca masyarakat,” ujar Ulfah seperti dilansir laman Unpas, Rabu (7/4/2021).

Untuk mengikuti gelaran yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Jabar ini, selain memperkuat mental dan rasa percaya diri, Ulfah juga mematangkan materi dan kemampuan public speaking. Ia juga harus memiliki program kerja yang berhubungan dengan literasi untuk dipresentasikan di hadapan juri.

Program literasi yang dipresentasikan Ulfah yaitu menginisiasi kegiatan bedah buku dan dialog interaktif di Himpunan Mahasiswa Ekonomi dan Studi Pembangunan (Himaspa) FEB Unpas. Menurutnya, untuk menumbuhkan minat baca, dapat dimulai dari lingkungan terkecil, salah satunya melalui program kerja di organisasi internal kampus.

“Dengan mengawalinya dari lingkup terkecil, saya harap nantinya program ini dapat diimplementasikan pada cakupan yang lebih luas,” tuturnya.

Meski berhasil menempati posisi ke-5 dari 30 peserta yang lolos karantina, Ulfah mengatakan tidak ada atmosfer kompetisi di antara para finalis. Ia justru menjadikan ajang ini sebagai sarana belajar, bertukar pikiran dan pengalaman, serta memberi dukungan satu sama lain.

“Sebenarnya saya tidak menargetkan untuk mendapat juara dan gelar, yang saya lakukan adalah berusaha semaksimal mungkin agar hasilnya juga berbanding lurus,” tambahnya.

Selama mengikuti rangkaian kegiatan Duta Baca Jabar, Ulfah mengaku mendapat banyak pengalaman berharga, seperti belajar cara bersosialisasi dan bersikap yang baik, public speaking, hingga manajemen waktu.

“Para peserta diajarkan mengenai cara bersikap dan berperilaku yang baik, ini yang paling membuat saya terkesan. Attitude menjadi nilai utama yang saya dapatkan, karena tidak ada di lembaga pendidikan formal,” katanya.

Berdasarkan pengalamannya selama mengikuti karantina, Ia mengatakan, aspek penting yang harus diperhatikan dalam manajemen waktu ialah menentukan skala prioritas. Dengan demikian, Ia dapat mengurutkan dan mengerjakan hal-hal yang memang menjadi prioritas.

Meski saat ini tengah disibukkan dengan kegiatan akademik dan menjadi tim riset prodi untuk akreditasi jurnal, Ulfah tetap rutin membaca buku dan mengakses platform literasi agar wawasannya kian bertambah.

Geeks can be a diamond too. Tidak semua kutu buku itu membosankan dan membuat jenuh. Berkat membaca dan wawasan yang luas, kita justru memiliki banyak topik bahasan untuk dibicarakan dengan lawan bicara lintas kalangan,” paparnya.

Ulfah membuktikan, dengan banyak membaca, Ia mampu menorehkan prestasi lain di bidang literasi, seperti Juara I Mahasiswa Berprestasi Tingkat Unpas 2019, Juara II Kompetisi Pemuda Menulis di bawah Kementerian Luar Negeri RI dan Museum Konferensi Asia-Afrika, serta menjadi Top 40 Pemilihan Duta Bahasa Jabar 2019.

“Kepada generasi muda, jangan malas membaca. Ketika bermain media sosial, gunakan waktu untuk mengakses akun-akun literasi. Jadikan sebagai sarana belajar, bukan sekadar hiburan,” tutupnya. 

Baca juga

1 comment

Asal Usul Sunda dalam Ilmu Kebumian - SuaraKampus.ID 31/08/2021 - 17:41

[…] satu budaya yang ada di Indonesia, ataupun secara spesifik nama etnis masyarakat yang tinggal di Jawa Barat. Lebih dari itu, istilah “Sunda” juga harum dalam dunia ilmiah, khususnya pada bidang […]

Reply

Leave a Comment