Home » LPDP Kini Bisa untuk S1 dan Peserta Kampus Merdeka

LPDP Kini Bisa untuk S1 dan Peserta Kampus Merdeka

by admin
LPDP

SuaraKampus – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengumumkan program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) kini diperluas, di antaranya dibuka untuk program studi S1, pertukaran pelajar hingga, kegiatan magang bersertifikat di industri.

Sebelumnya program ini hanya diberikan untuk tiga skema utama yakni beasiswa afirmasi, targeted untuk beberapa sektor penting dan, beasiswa umum yang lazimnya diisi program studi S2 dan S3 di luar dan dalam negeri.

Namun kini, Nadiem menjelaskan, ada beberapa perubahan yang diterapkan pada LPDP. Perluasan program salah satunya dengan memberikan beasiswa ke mahasiswa yang mengikuti program Kampus Merdeka. Program ini yakni berupa aktivitas di luar kampus yang kemudian akan dikonversi setara dengan nilai 20 satuan kredit semester (SKS).A

“Mengajar di daerah 3T, magang di perusahaan, exchange student, dimana menerima 20 SKS untuk pengalaman di luar kampus, ini bisa didanai oleh LPDP. Jadi LPDP dan merdeka belajar sinkron,” papar Nadiem dalam acara yang disiarkan YouTube Kemendikbud RI, Selasa (22/4).

Nadiem merinci, setidaknya empat kegiatan Kampus Merdeka yang bisa dibiayai. Beberapa di antaranya kegiatan Kampus Mengajar, program di mana mahasiswa diminta mendampingi guru mengajar di sekolah pada daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar); pelatihan bersertifikat di organisasi atau perguruan tinggi; pertukaran pelajar ke luar negeri dan dalam negeri.

Lebih lanjut, beasiswa tersebut juga bisa dimanfaatkan bagi peserta yang hendak menempuh gelar S1 di dalam maupun luar negeri. Akan tetapi kesempatan ini hanya diperuntukkan bagi siswa SMA yang berprestasi.

“Misalnya dia pemenang olimpiade akademik, seni, juara olahraga. Mereka bisa dapat S1,” jelas Nadiem.

Beasiswa penuh juga diberikan ke peserta yang ingin menempuh pendidikan di Program Studi S1 Kepercayaan Kepada Tuhan yang Maha Esa sebagai penunjang beasiswa kebudayaan. Kemudian program S2 dan S3 khusus untuk pelaku budaya di dalam dan luar negeri.

Sebelumnya diketahui bahwa beasiswa LPDP sebatas diberikan untuk program studi S2 dan S3 di luar dan dalam negeri. Skema beasiswa LPDP dibagi menjadi program beasiswa afirmasi untuk mahasiswa difabel atau tinggal di daerah 3T, beasiswa targeted untuk aparatur sipil negara (ASN) dan praktisi di bidang tertentu, serta beasiswa umum (umumnya S1 atau S2).

Adapun pendaftaran LPDP sendiri akan dibuka mulai 2 Mei 2021. Informasi lengkap terkait pendaftaran LPDP dapat diakses melalui Beasiswa LPDP Kemenkeu atau Beasiswa Kemendikbud.

Baca juga

Leave a Comment