Home » Ragam Tempat Wisata Sekitar Kampus Jatinangor

Ragam Tempat Wisata Sekitar Kampus Jatinangor

by admin
jatinangor

SuaraKampus – Jatinangor terkenal sebagai pusat pendidikan tinggi di pinggiran Sumedang. Tidak dapat dipungkiri, terdapat empat perguruan tinggi besar yang berlokasi di Jatinangor.

Empat perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Padjadjaran (Unpad), Institut Teknologi Bandung (ITB) kampus Jatinangor, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), dan Institut Manajemen Koperasi Indonesia (Ikopin). Keempat perguruan tinggi tersebut memiliki jumlah mahasiswa cukup banyak.

Banyaknya mahasiswa yang menetap di Jatinangor, membuat kecamatan tersebut penuh dengan aktivitas pendidikan dengan segala remeh-temehnya. Mulai dari kegiatan akademik, beragam acara, dan pelbagai organisasi di dalamnya.

Kegiatan tersebut, tidak jarang membuat mahasiswa penat. Berikut merupakan lima destinasi wisata untuk mahasiswa yang penat dengan beragam rutinitas :

1. Gunung Geulishttps://www.dailymotion.com/embed/video/x810jwy?autoplay=1

Gunung yang terlihat sejak gerbang masuk Jatinangor tersebut bisa menjadi salah satu pilihan untuk menenangkan diri.

Gunung Geulis termasuk ke dalam tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Jatinangor, Kecamatan Cimanggung, dan Kecamatan Tanjungsari. Gunung Geulis memiliki ketinggian 1.281 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Selain sebagai tempat menenangkan diri, Gunung Geulis juga bisa menjadi sarana berolahraga (mendaki). Kegiatan pendakian menjadi satu-satunya cara untuk menikmati keheningan di puncak gunung.

2. Kiara Payung

Di samping Gunung Geulis, Bumi Perkemahan (Buper) Kiara Payung dapat menjadi pilihan menepi. Tempat tersebut dapat menjadi tujuan bagi kalian yang tidak ingin mengeluarkan tenaga untuk mendaki.

Buper Kiara Payung berlokasi di Desa Cilayung, Kecamatan Jatinangor. Lokasinya cukup mudah dijangkau karena berada di belakang area kampus Unpad.

Buper Kiara Payung dapat menjadi pilihan bagi mereka yang ingin mencari pemandangan alam, olahraga sepeda gunung, piknik bersama kawan-kawan, berkemah, dan tracking. Fasilitas yang terdapat di Buper Kiara Payung di antaranya, area parkir, kamar mandi, musala, penginapan, warung, serta area berkemah.

3. Baru Beureum

Tempat wisata yang berlokasi di Desa Sindangsari, Kecamatan Sukasari ini bisa dijangkau dari Jatinangor, tepatnya melalui jalan samping Unpad dan terusan Buper Kiara Payung.

Baru Beureum merupakan salah satu jalur pendakian menuju puncak Gunung Manglayang. Di samping itu, di Baru Beureum juga terdapat camp area yang bisa kalian gunakan untuk mendirikan tenda. 

Suasananya yang masih asri, Baru Beureum dapat menjadi salah satu pilihan menepi dari rutinitas perkuliahan. Namun, kondisi jalan menuju lokasi masih berupa bebatuan.

4. Bukit Panorama 

Bukit Panorama terletak di Jalan Pamegarsari, Kecamatan Tanjungsari. Bukit Panorama sendiri bukan tempat wisata resmi yang dikelola oleh negara maupun pihak swasta. Namun dari Bukit Panorama, di malam hari, kita dapat menikmati gemerlap lampu Jatinangor dan Tanjungsari. 

5. Batu Kuda 

Wana Wisata Batu Kuda memiliki area yang cukup luas untuk berkemah. Lokasi wisatanya berada di lereng Gunung Manglayang, tepatnya di Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. 

Wana Wisata Batu Kuda dikelola oleh Perhutani unit III Jawa Barat. Lokasi wisata ini sudah cukup terkenal di kalangan mahasiswa Jatinangor, baik untuk berkemah ataupun sekadar menikmati pemandangan alam.

Untuk menuju area kemah, wisatawan tidak perlu melewati tanjakan dan turunan serta berjalan jauh. Parkiran motor dan mobil pun tidak jauh dari area berkemah.

Baca juga

Leave a Comment