Home » Kampus Negeri Ini Punya Jalur Khusus untuk Youtuber

Kampus Negeri Ini Punya Jalur Khusus untuk Youtuber

by admin
youtuber

SuaraKampusYouTube telah banyak digandrungi oleh anak muda. Beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pun membuka jalur masuk khusus bagi para Youtuber atau pemilik akun YouTube.

Tercatat, UPN Veteran Jakarta (UPNVJ) dan Universitas Negeri Semarang (Unnes) membuka jalur masuk khusus YouTuber. Seperti apa persyaratannya?

UPN Veteran Jakarta
UPNVJ membuka jalur masuk khusus Youtuber pada seleksi mandiri atau SEMA. Syarat yang ingin mengikuti seleksi ini adalah memiliki minimal 10 ribu subscriber.

Nantinya, mereka akan mengikuti uji keterampilan sesuai jadwal yang ditentukan. Menurut Tim Humas UPNVJ, dibukanya jalur khusus Youtuber karena pertimbangan manfaat yang bisa didapatkan dari para insan muda tersebut.

Sebab, para Youtuber dinilai memiliki ide serta kreativitas di atas rata-rata. UPNVJ sebagai PTN pun berupaya untuk terlibat dalam pengembangan generasi bangsa tersebut.

“UPNVJ sebagai perguruan tinggi merasa mempunyai kewajiban untuk terlibat mengembangkan generasi bangsa yang mempunyai potensi luar biasa. UPNVJ memandang para YCC/YouTuber ini adalah orang yang cerdas. Secara akademik, UPNVJ melihat kecerdasan dalam hal kecerdasan visual. Disamping itu, dalam pandangan UPNVJ, mereka itu memiliki kemampuan untuk meng-create segala sesuatu,” bunyi keterangan tersebut.

Sementara itu, syarat lain youtuber yang ingin masuk UPN Veteran Jakarta adalah, sebagai berikut

-Mengikuti UTBK SBMPTN 2021
-Tidak memilih prodi di UPN Veteran Jakarta pada SBMPTN 2021
-Hanya dapat memilih dua prodi (kelompok ujian Saintek, Soshum, atau Campuran)
-Biaya pendaftaran SEMA UPN Veteran Jakarta Rp 275.00

Unnes
Jalur masuk untuk Youtuber selanjutnya adalah di Seleksi Mandiri Jalur Prestasi Unnes. Pemilik akun YouTube diwajibkan memiliki minimal 30 ribu subscriber dengan konten akademik dan prestasi, motivasi, serta inovasi.

Adapun, persyaratan umum untuk mengikuti seleksi ini adalah sebagai berikut

Siwa SMA/MA/SMK/MAK/Sederajat yang terdaftar aktif di kelas XIII/XIII tahun 2021
-Sanggup mematuhi etika dan tata tertib, membayar UKT dan biaya hidup selama masa studi
-Menandatangani surat kesanggupan berprestasi selama masa studi

Baca juga

Leave a Comment