Home » Lulusan Ubaya Dilengkapi Kompetensi Bidang TIK

Lulusan Ubaya Dilengkapi Kompetensi Bidang TIK

by admin
Mahasiswa Ubaya Surabaya

Suarakampus – Universitas Surabaya (Ubaya) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo)) lengkapi kompetensi lulusan mahasiswa bidang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) lewat pelatihan Digital Talent Scholarship 2021 (DTS) program Fresh Graduate Academy (FGA).

Ada tiga tema pelatihan yang akan diberikan Ubaya yaitu JAVA (Java Foundations dan Java Programming), Database Design dan Programming with SQL, serta Artificial Intelligence. Pendaftaran pelatihan DTS 2021 program FGA dilakukan secara online melalui website https://digitalent.kominfo.go.id/pelatihan/FGA hingga 30 Juni 2021.

Program FGA merupakan program pelatihan peningkatan kompetensi bidang TIK yang bertujuan untuk mempersiapkan para lulusan yang belum atau tidak sedang bekerja agar memiliki kompetensi profesional sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era revolusi Industri 4.0.

Tujuannya agar generasi muda lebih siap dalam memasuki dunia kerja dan dapat bersaing baik di industri dalam negeri maupun luar negeri. Pelatihan ini terbuka untuk umum dan bisa diikuti oleh peserta disabilitas dengan mengikuti syarat serta ketentuan yang berlaku.

Dekan Fakultas Teknik UBAYA, Ir. Eric Wibisono, Ph.D. mengatakan jika pelatihan ini merupakan tahun ketiga Program Studi (Prodi) Teknik Informatika Ubaya bekerjasama dengan Kominfo. Hal tersebut menunjukkan bahwa Prodi Teknik Informatika Ubaya mendapat kepercayaan dari Kominfodan sudah semakin berpengalaman dalam mengelola modul-modul yang ditawarkan. Prodi Teknik Informatika UBAYA telah terakreditasi A oleh BAN-PT dan mendapat provisional accreditation (PA) dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE).

“Lebih khusus lagi, tahun ini kami juga menggandeng salah satu raksasa teknologi dunia yaitu Huawei, dalam salah satu modul yaitu Artificial Intelligence. Kolaborasi seperti ini adalah bukti bahwa Prodi Teknik Informatika UBAYA diakui secara internasional,” ujar Eric Wibisono, di Surabaya.

Pelatihan DTS 2021 program FGA memberikan kesempatan yang luas bagi mahasiswa semester akhir atau para lulusan D3/D4/S1 semua jurusan di seluruh Indonesia yang ingin merasakan suasana belajar bersama dosen atau praktisi Ubayayang ahli di bidang TIK secara gratis.

Pelatihan ini tidak dipungut biaya apapun. Selain mendapat wawasan dan kemampuan baru, peserta program FGA yang berhasil mengikuti pelatihan hingga selesai akan memperoleh sertifikat completion. Setelah pelatihan peserta yang memenuhi syarat juga berkesempatan mendapat Sertifikasi Global dari mitra global teknologi dan pasca pelatihan berupa soft skills development.

Materi pelatihan DTS 2021 program FGA telah dipersiapkan oleh mitra global teknologi. Pada kesempatan ini, ada dua mitra global teknologi yang berkolaborasi dengan UBAYA yaitu Huawei dan Oracle Academy. Ada tiga tema pelatihan yang diberikan UBAYA dalam program FGA.

Pertama, JAVA dengan dua materi utama yaitu Java Foundations dan Java Programming. Kedua, Database Design dan Programming with SQL yang bertujuan untuk melibatkan peserta untuk menganalisis skenario bisnis yang kompleks dan membuat model data representasi konseptual dari informasi organisasi.

Ketiga, Artificial Intelligence (AI) dengan materi pelatihan AI khususnya yang dikembangkan oleh Huawei. Peserta akan mempelajari pengenalan teknologi AI, Machine Learning, Deep Learning, TensorFlow dan MindSpore, Huawei Atlas AI, Huawei Open AI dan Huawei Enterprise Intelligence.

Baca juga

Leave a Comment