Home » Mahasiswa Kedokteran Unbrah Gelar Pengabdian Masyarakat

Mahasiswa Kedokteran Unbrah Gelar Pengabdian Masyarakat

by admin
Mahasiswa Kedokteran Unbrah Padang

SuaraKampus – Sebanyak 190 orang mahasiswa kedokteran Universitas Baiturrahmah (Unbrah) Padang, Sumatera Barat melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Kecamatan Koto Tangah Padang.

Kegiatan yang dinamakan Medical Baiturrahmah Sosial Action (MBSA) ini mengambil tema satu langkah untuk peduli, seribu langkah dalam aksi tersebut dibuka oleh Wali Kota Padang Hendri Septa yang diwakili Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Padang dr. Melinda Wilma, Sabtu (26/06/2021).

Wakil Rektor Universitas Baiturrahmah Padang Eka Trio Evandilus mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun. “Untuk tahun ini diikuti oleh 190 orang mahasiswa kedokteran angkatan 2019. Mereka akan disebar di lima Puskesmas yang ada di Kecamatan Koto Tangah,” terang dia.

Ia menjelaskan, melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan para mahasiswa dapat belajar lebih banyak, serta melakukan kegiatan-kegiatan peduli sosial, serta yang paling utama dapat ikut mengedukasi masyarakat tentang penerapan pola hidup sehat.

Sementara Camat Koto Tangah Junie Nursyamza berharap, dengan kehadiran mahasiswa melalui program pengabdian masyarakat, dapat ikut membantu pemerintah guna menunjang program-program di bidang kesehatan.

“Kita berharap mahasiswa dapat berkoordinasi dan bersinergi dengan Puskesmas guna meningkatkan partisipasi masyarakat untuk melakukan vaksinasi, sebagai upaya pencegahan COVID 19,” ujar Junie.

Selain itu camat juga berpesan kepada seluruh mahasiswa agar ikut mengampanyekan penerapan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat.

Pembukaan MBSA diisi dengan berbagai kegiatan mulai dari edukasi dan penyuluhan kesehatan, screening penyakit tidak menular, pemeriksaan IVA, hingga memberikan vaksinasi COVID-19 kepada warga terutama lansia. (MC Padang/RA/Irwan Rais).

Baca juga

Leave a Comment