Home » Uniku Lolos Program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia 2021

Uniku Lolos Program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia 2021

by admin
Uniku Universitas Kuningan

SuaraKampusUniversitas Kuningan (Uniku) kembali menorehkan prestasi. Kali ini, kampus kebanggaan warga Kuningan ini mendapat kepercayaan dari Kementerian Pendidkan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) sebagai salah satu perguruan tinggi yang lolos pada program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) tahun 2021.

Informasi lolosnya Uniku yang tergabung dalam UI Green Metric dan terkenal dengan jargon “Green Campus” ini diperoleh dari surat yang dikeluarkan oleh Kemendikbud RI tanggal 26 Juni 2021 dengan nomor 2861/E2/KM.07.00/2021.

“Alhamdulillah Uniku kembali mendapatkan kepercayaan dari pemerintah dengan lolosnya pada program KMMI tahun 2021. Pertama kali ikut, Uniku langsung mendapatkan kepercayaan. Ini anugrah dan amanah yang harus dipertanggungjawabkan bahwa Uniku memiliki kualitas dan berdaya saing,” kata Rektor Uniku Dikdik Harjadi,

“Perlu dicatat, hanya beberapa perguruan tinggi saja di Jawa Barat yang dinyatakan lolos pada program ini,” lanjut Dikdik.

Program KMMI sendiri dibuat untuk mendukung kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

“Sampai saat ini, proses sosialisasi penawaran program kepada perguruan tinggi dan seleksi tahap I berupa administrasi dan proposal serta seleksi tahap II yaitu wawancara kepada perguruan tinggi calon pelaksana program KMMI telah terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Masih kata Dikdik, Uniku telah berkomitmen untuk terus mengadakan berbagai program pengembangan mahasiswa termasuk program KMMI yang selaras dengan pola yang selama ini telah dikembangkan Uniku.

“Sebagai bukti komitmen Uniku dalam mendukung program KMMI maka Uniku untuk menyiapkan pengembangan studio bahan ajar, penyediaan alat-alat pengembang bahan ajar serta pengadaan alat-alat penunjang kegiatan. Tim Pelaksana adalah tim yang dibuat berdasarkan SK Rektor dengan ketua pelaksana adalah Kepala Biro Kemahasiswaan dan Akademik sesuai bidang program KMMI,” jelasnya.

Dikatakannya, kesiapan modul yang akan digunakan dalam program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) sudah mencapai 75 % dan dijadwalkan pada minggu ke 4 Juni mencapai 100 %.

“Tim pengajar yang akan terlibat dalam program KMMI berjumlah 73 orang dengan komposisi 46 pengajar internal dan 27 pengajar dari mitra DUDI,” ucap Dikdik.

Lebih jauh, sambung Rektor yang memimpin Uniku di periode kedua ini, untuk menjamin pelaksanaan program KMMI, Uniku menyiapkan dua peraturan yang mengatur proses pelaksanaan program KMMI.

Dikdik berharap, semoga setiap proses yang sedang dijalani dapat berjalan dengan baik, lancar dan sukses. Uniku juga di tahun 2021 ini sedang berjuang untuk memperoleh program PHP2D, Kontes Tari Nasional dan Pilmapres.

“Semoga, diberikan kelancaran dan kesuksesan. Mohon doa dan dukungannya agar Uniku bisa kembali mendapatkan kepercayaan dan mengharumkan nama Kuningan di kancah nasional,” tandasnya.

Baca juga

Leave a Comment