Home » Mahasiswa Universitas Riau Semprot Disinfektan untuk Redam COVID-19

Mahasiswa Universitas Riau Semprot Disinfektan untuk Redam COVID-19

by admin
Mahasiswa Universitas Riau Unri

SuaraKampus – Mahasiswa Universitas Riau atau Unri melakukan Penyemprotan Disinfektan, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Kelurahan Tanah Datar Kecamatan Pekanbaru Kota, Riau.

Tim Kukerta Unri melakukan penyemprotan disinfektan Kegiatan penyempr tersebut dipimpin langsung oleh Lurah Tanah Datar Fahdil Rahmat, S.IP beserta Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Adrianto dan juga ketua RW dan RT setempat. 

Penyemprotan disinfektan dilakukan di beberapa tempat umum seperti mesjid, pos ronda, dan juga pemukiman warga.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), disinfektan adalah bahan kimia yang digunakan untuk mencegah pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri dan virus. 

Berkaitan dengan adanya kebijakan pemerintah yaitu mengenai sistem Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyrakat (PPKM Level 4) dalam rangka memutus penyebaran Virus Covid-19, kesehatan masyarakat menjadi prioritas utama agar tidak tertular dan tetap dapat menjalankan kehidupan sehari-hari di lingkungan rumah.  

Maka dari itu perlu adanya upaya untuk melakukan sterilisasi di setiap rumah warga dengan tujuan agar virus-virus yang ada dapat dibasmi sehingga dapat meminimalisir penyebaran virus Covid-19.

Hal itulah yang melatarbelakangi tim kukerta Unri melakukan penyemprotan disinfektan di sekitaran Kelurahan Tanah Datar. 

Fahdil Rahmat, S.IP selaku Lurah Tanah Datar menuturkan, Kelurahan Tanah Datar termasuk ke dalam salah satu wilayah dengan status zona merah.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada adik-adik mahasiswa kukerta Unri yang sudah berupaya untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19 di kelurahan Tanah Datar,” katanya, Jumat (13/8/2021). 

Kegiatan ini merupakan bentuk ikhtiar dalam mencegah penularan Covid-19.

Namun, yang terpenting untuk mencegah penularan virus corona adalah dengan membudayakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) salah satunya rajin mencuci tangan dengan hand sanitizer atau sabun pada air yang mengalir dan tetap memakai masker. 

Selama penyemprotan berlangsung, para mahasiswa kukerta mendapatkan respon baik dari masyarakat setempat.

Diharapkan dengan adanya kegiatan penyemprotan disinfektan ini, masyarakat Kelurahan Tanah Datar bisa lebih sadar untuk selalu menjaga diri dan lingkungan sekitar dalam mencegah penyebaran virus Covid-19 yang begitu cepat. 

Baca juga

Leave a Comment