Home » Mahasiswa FH Unpad Juara Kompetisi Academic Constitutional Drafting MPR RI

Mahasiswa FH Unpad Juara Kompetisi Academic Constitutional Drafting MPR RI

by admin
Mahasiswa FH Unpad

SuaraKampus – Mahasiswa Fakultas Hukum Unpad atau Universitas Padjadjaran meraih juara ketiga pada kompetisi Academic Constitutional Drafting MPR RI. Para mahasiswa FH Unpad tersebut, yaitu Ega Ramadayanti, Hario Danang Pambudhi, Haliza Nur Rifdah,  Maudy Andreana Lestari, dan Rizki Fauzi.

Kompetisi digelar secara daring oleh Badan Pengkajian MPR RI pada Februari-Oktober 2021. Tahun ini, tema yang diangkat adalah “Naskah Akademik Perubahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Terkait dengan Pokok-Pokok Haluan Negara”.

“Dalam pelaksanaan kompetisi ACD MPR RI 2021, mahasiswa diminta untuk dapat merancang Perubahan Kelima Undang-Undang Dasar 1945 terkait Pokok-Pokok Haluan Negara,” ungkap Ketua Tim Delegasi mahasiswa FH Unpad Ega Ramadayanti.

Lebih lanjut Ega mengungkapkan, tahapan kompetisi dimulai dari pengiriman berkas Naskah Akademik dan Rancangan Perubahan Kelima UUD NRI Tahun 1945 yang dilakukan sejak Februari hingga selambat-lambatnya 30 Juni 2021. Selanjutnya, 10 tim yang lolos seleksi berkas berhak mengikuti putaran final pada 8-10 Oktober 2021.

Tim Universitas Padjadjaran menjadi salah satu tim yang berhasil lolos ke putaran final, dari total 29 tim dari 24 Universitas di seluruh Indonesia.

“Dalam putaran final, seluruh finalis diminta untuk mempresentasikan gagasannya mengenai perubahan UUD NRI Tahun 1945 terkait pokok-pokok haluan negara selama 15 menit dan diikuti dengan sesi tanya jawab selama 1 jam. Dalam putaran final pada tahun ini dengan memperhatikan kondisi pandemi Covid-19, kompetisi diadakan secara daring,” jelas Ega.

Dengan diraihnya prestasi tersebut, Ega dan tim berharap gagasan mereka dapat memberikan manfaat dan sumbangsih positif dalam ranah akademik demi kemajuan pembangunan nasional. “Kami juga berharap dengan berkibarnya nama Universitas Padjadjaran di MPR RI dapat mengharumkan nama almamater dan menjadi semangat bagi para delegasi penerus kami selanjutnya,” harapnya.(arm)*

Baca juga

Leave a Comment