Home » Cara Penilaian Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Cara Penilaian Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

by admin
Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Suara Kanpus – Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan kebijakan yang memberikan hak kepada mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di luar program studi selama 1 semester dan berkegiatan di luar perguruan tinggi selama 2 semester. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan relevan dengan kebutuhan masa depan.

Cara penilaian program MBKM bervariasi tergantung pada jenis kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa. Namun, secara umum, penilaian program MBKM dilakukan berdasarkan capaian mahasiswa dalam memenuhi kompetensi yang telah ditetapkan. Kompetensi tersebut meliputi:

  • Kemampuan akademik, yaitu kemampuan mahasiswa dalam memahami dan menerapkan materi yang telah dipelajari
  • Kemampuan profesional, yaitu kemampuan mahasiswa dalam menerapkan pengetahuan dan keterampilannya di dunia kerja
  • Kemampuan personal, yaitu kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan diri dan menjadi pribadi yang berkarakter

Penilaian program MBKM dapat dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Penilaian kualitatif dapat dilakukan melalui observasi, penilaian portofolio, dan penilaian rekan sejawat. Sedangkan penilaian kuantitatif dapat dilakukan melalui ujian, kuis, dan tugas-tugas terstruktur lainnya.

Berikut adalah beberapa contoh cara penilaian program MBKM:

  • Magang: Penilaian magang dapat dilakukan berdasarkan laporan magang, presentasi akhir, dan penilaian dari pembimbing magang.
  • Kuliah Kerja Nyata (KKN): Penilaian KKN dapat dilakukan berdasarkan laporan KKN, presentasi akhir, dan penilaian dari DPL (Dosen Pembimbing Lapangan).
  • Pertukaran mahasiswa: Penilaian pertukaran mahasiswa dapat dilakukan berdasarkan laporan pertukaran mahasiswa, transkrip nilai dari perguruan tinggi tujuan, dan penilaian dari dosen pembimbing pertukaran mahasiswa.
  • Wirausaha Merdeka: Penilaian Wirausaha Merdeka dapat dilakukan berdasarkan proposal usaha, laporan perkembangan usaha, dan laporan akhir usaha.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara penilaian program MBKM, mahasiswa dapat menghubungi dosen pembimbing akademik atau pihak perguruan tinggi yang menyelenggarakan program MBKM.

Tips Agar Sukses dalam Penilaian Program MBKM

Berikut adalah beberapa tips agar sukses dalam penilaian program MBKM:

  • Pahami kompetensi yang harus dipenuhi. Sebelum memulai program MBKM, mahasiswa perlu memahami kompetensi yang harus dipenuhi agar dapat dinyatakan lulus. Kompetensi tersebut dapat dilihat pada panduan program MBKM dari perguruan tinggi.
  • Siapkan rencana pembelajaran yang baik. Rencana pembelajaran yang baik akan membantu mahasiswa untuk fokus pada kompetensi yang harus dipenuhi dan memantau perkembangan pembelajarannya.
  • Kerjakan tugas dan berikan kontribusi yang maksimal. Mahasiswa perlu mengerjakan tugas dan memberikan kontribusi yang maksimal selama mengikuti program MBKM. Hal ini akan menunjukkan kesungguhan mahasiswa dalam mengikuti program MBKM dan meningkatkan nilai penilaiannya.
  • Aktif berkomunikasi dengan dosen pembimbing akademik. Mahasiswa perlu aktif berkomunikasi dengan dosen pembimbing akademik untuk mendapatkan bimbingan dan arahan selama mengikuti program MBKM.

Demikian cara penilaian program MBKM dan tips agar sukses dalam penilaian program MBKM. Semoga bermanfaat!

Baca juga

Leave a Comment